Peningkatan Kapasitas Satlinmas Kalurahan Wukirsari Menguatkan Kesiapan Hadapi Bencana dan Kamtibmas

25 April 2024
Admin Wukirsari
Dibaca 28 Kali
Peningkatan Kapasitas Satlinmas Kalurahan Wukirsari Menguatkan Kesiapan Hadapi Bencana dan Kamtibmas

Kalurahan Wukirsari, 25 April 2024

Bidang Pelindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Sleman mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) yang bertempat di Ruang Pertemuan Sadewa lantai dua Kalurahan Wukirsari. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Linmas Pol PP Sleman, Sudarmanto, SH, M.I.P. dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya semangat iklas dan pengabdian dalam bertugas bagi anggota Satlinmas.

“Satlinmas harus semangat ikhlas mengabdi dan ciptakan rasa nyaman dan iklas dalam bertugas dan di masyarakat” pesan Sudarmanto.

Panewu Anom Cangkringan, dalam sambutannya, menegaskan bahwa Satlinmas Wukirsari perlu meningkatkan kesiapannya mengingat wilayah Cangkringan masuk dalam kawasan rawan bencana. Dengan prinsip "living harmony with disaster", Satlinmas diharapkan memiliki naluri dan kesiapan yang sigap, terutama dalam menghadapi situasi darurat.

Sementara itu, Danramil Cangkringan, Kapten Suparno, menambahkan pentingnya peran Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Beliau menekankan perlunya kepekaan terhadap informasi serta kemampuan dalam menjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Kanit Binmas Polsek Cangkringan, Ipda Muhammad Yusuf Ariyanto, turut memberikan arahan bahwa Satlinmas harus aktif dalam menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat serta berperan dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Dengan meningkatnya kapasitas Satlinmas, diharapkan Kalurahan Wukirsari semakin siap menghadapi tantangan dan bencana yang mungkin terjadi di masa depan.

Pada peningkatan kapasitas Satlinmas diberikan beberapa materi terkait dengan pertahanan, pengamanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal di wilayah masing-masing. Tujuan kegiatan ini adalah supaya Satlinmas memiliki kapasitas yang lebih baik dalam menjalankan tugas dalam rangka menciptakan ketentraman dan ketertiban serta pelindungan masyarakat wilayah khususnya di Kalurahan Wukirsari.