Sosialisasi Program Pamsimas Tahun Anggaran 2023 Kalurahan Wukirsari

06 Maret 2023
Admin Wukirsari
Dibaca 46 Kali
Sosialisasi Program Pamsimas Tahun Anggaran 2023 Kalurahan Wukirsari

Kalurahan Wukirsari, 06 Maret 2023.

Pemerintah Kalurahan Wukirsari melaksanakan Sosialisasi Tingkat Kalurahan terkait Program Pamsimas Tahun Anggaran 2023 (06/03/23). PAMSIMAS merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat dengan tujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum yang layak dan berkelanjutan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Bertempat di Ruang Rapat Sadewa Lantai 2 Balai Kalurahan Wukirsari, sosialisasi dihadiri oleh DPUPKP Sleman diwakili Pendamping Pamsimas, Panewu Cangkringan diwakili Kepala Jawatan Kemakmuran Nevi Sri Utami, SH., Lurah Wukirsari diwakili Carik Wukirsari H. Ruswantoro, S.E., M.IP., Ketua BPKal Wukirsari H. Tuyahmin, S.Ag., Dukuh serta Tokoh masyarakat Dusun Kedung dan Sembungan.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan juga tentang pembangunan sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di perdesaan yang berfokus pada Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, dan Rehabilitasi (OPOR) demi memastikan keberlanjutannya.

Peran dan fungsi Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) serta peran kepala daerah sangat penting dalam pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS). Dengan hal tersebut dapat menjaga keberlanjutannya melalui pelatihan, pendampingan dan pembinaan, khususnya dalam hal mengelola pembukuan, keuangan, operasional, dan pemeliharaan SPAMS.