Rakor Kader KB dan Balita: Peningkatan Pendampingan Keluarga Resiko Stunting melalui Elsimil

26 Januari 2024
Admin Wukirsari
Dibaca 40 Kali
Rakor Kader KB dan Balita: Peningkatan Pendampingan Keluarga Resiko Stunting melalui Elsimil

Wukirsari, 26 Januari 2024

Pemerintah Kalurahan Wukirsari bersama Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kapanewon Cangkringan melaksanakan Rapat Koordinasi Kader Keluarga Berencana dan Kader Balita pada tanggal 26 Januari 2024. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Sadewa Lantai Dua Balai Kalurahan Wukirsari ini dihadiri oleh narasumber dari PLKB Cangkringan.

Rapat ini menitikberatkan pada evaluasi pendampingan keluarga yang telah dilakukan oleh para kader. Evaluasi ini dilakukan untuk mengidentifikasi keberhasilan serta kendala-kendala yang dihadapi selama pendampingan keluarga terkait program Keluarga Berencana dan pelayanan terhadap balita.

Munasir salah satu narasumber dari PLKB Cangkringan, menyampaikan bahwa diharapkan semua kader dapat melakukan pendampingan keluarga resiko stunting melalui aplikasi 'Elsimil'. Elsimil, singkatan dari Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil, merupakan alat skrining pendampingan yang difokuskan pada calon pengantin, calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, dan keluarga dengan bayi usia 0-59 bulan.

Selain itu, dalam rapat koordinasi ini, juga dibahas strategi mengatasi masalah anak yang sulit makan sebagai bagian dari upaya menyeluruh dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pertumbuhan optimal balita di Kalurahan Wukirsari.